banner image
banner image

Apa Itu Maket? Pahami Cara Membuat Maket - souvenirminiatur.com

Apa itu maket menjadi pertanyaan yang sering muncul di benak masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat istilah maket sering disandingkan dengan istilah lain, seperti miniatur. Maket dan miniatur sering digunakan bergantian untuk menyebut benda yang sama. Lantas, apakah maket dan miniatur memang sama?

Apa Itu Maket?

Maket adalah replika suatu objek, dapat berupa bangunan atau alat transportasi, dengan ukuran kecil. Biasanya, maket dibuat dari bahan kayu, kertas, hingga tanah liat. Maket difungsikan untuk menggambarkan secara visual dengan nyata terhadap suatu objek. Karena itulah, maket sering digunakan sebagai media pendukung untuk mempresentasikan desain arsitektur.

Cara Membuat Maket

Setelah memahami apa itu maket, Anda perlu juga memahami cara membuat maket. Anda tentu harus menyiapkan berbagai alat dan bahan terlebih dahulu. Untuk bahan, Anda bisa menggunakan kertas, kayu, atau tanah liat. Alat yang digunakan bisa menyesuaikan bahan, misalnya, bahan kertas bisa memanfaatkan gunting, cutter, dan lem untuk membuat maket.

  • Membuat pola desain maket: Langkah pertama dalam membuat maket adalah merancang pola desain. Adanya pola desain tersebut akan mempermudah pembuatan maket.
  • Menyesuaikan pola dengan bahan: Setelah ada pola desain, bahan-bahan yang ada bisa disesuaikan. Jika berupa kertas, harus dipotong-potong sesuai dengan desain yang sudah ada.
  • Merangkai bahan sesuai desain: Untuk beberapa jenis bahan tentu harus dirangkai sedemikian rupa agar menjadi maket seutuhnya. Hal ini dilakukan agar maket terlihat lebih detail.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, maket berhubungan secara langsung dengan miniatur. Keduanya sama-sama merupakan kerajinan tiga dimensi. Hanya saja, maket digunakan untuk kebutuhan presentasi, sedangkan miniatur lebih sering dimanfaatkan sebagai aksesori dan souvenir perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh miniatur untuk kebutuhan souvenir relasi perusahaan.

apa itu maket

  • Miniatur jembatan

Sebagai negara kepulauan, beberapa wilayah di Indonesia terpisahkan oleh perairan, baik sungai, selat, maupun laut. Untuk menghubungkan antara wilayah satu dan lainnya dibangunlah jembatan. Beberapa jembatan pun akhirnya menjadi landmark atau ikon dari wilayah tersebut. Hal inilah yang memicu munculnya ide untuk membuat miniatur jembatan sebagai souvenir perusahaan.

Baca juga: Cara Membuat Miniatur Jembatan Ampera

  • Miniatur kapal

Selain dengan membangun jembatan, untuk mencapai satu wilayah di beberapa daerah masih memanfaatkan kapal sebagai alat transportasi. Bahkan, di Indonesia pun memiliki beberapa kapal khas, seperti kapal pinisi. Tidak mengherankan ada juga ide membuat souvenir miniatur kapal pinisi. Tidak sekadar menarik, souvenir tersebut juga dapat menjadi bentuk kenang-kenanga berkesan.

Lihat produk: Miniatur Kapal Tugboat

  • Miniatur bangunan

Pilihan miniatur lain yang bisa dijadikan sebagai souvenir relasi adalah miniatur bangunan. Berbagai bangunan menarik dapat dijadikan inspirasi untuk membuat miniatur. Misalnya saja, miniatur gedung bangunan yang menunjukkan keunikan bangunan kantor perusahaan. Ada juga pilihan miniatur rumah honai yang memberikan kesan pelestarian budaya khas daerah Papua.

Lihat produk: Miniatur Rumah Adat Betawi

Miniatur menjadi menjadi souvenir premium yang bisa diberikan perusahaan kepada relasinya. Dengan memberikan miniatur, hubungan bisnis antara perusahaan dan relasi tentu akan menjadi akan makin menguat. Hal ini karena miniatur memiliki tampilan berkelas dan kualitas yang baik sebagai souvenir.

The post Apa Itu Maket? Pahami Cara Membuat Maket appeared first on SouvenirMiniatur.com.



from Blog Artikel Souvenir Miniatur | Informasi Seputar Souvenir & Miniatur https://ift.tt/R83H2ob
Apa Itu Maket? Pahami Cara Membuat Maket - souvenirminiatur.com Apa Itu Maket? Pahami Cara Membuat Maket - souvenirminiatur.com Reviewed by arthur20 on October 20, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.