banner image
banner image

Apa Itu Maket? Apa Bedanya dengan Miniatur? - souvenirminiatur.com

Istilah maket sering disandingkan dengan miniatur karena dianggap sama. Kedua istilah ini memang kerap digunakan secara bergantian untuk menyebut satu jenis kerajinan. Hal ini karena kedua istilah tersebut memanglah sama-sama kerajinan yang berupa objek tiga dimensi. Namun, apakah kedua istilah tersebut memang benar-benar dua hal yang sejatinya sama? Cari tahu perbedaannya, yuk!

Apa Itu Maket?

Maket adalah bentuk tiruan suatu objek yang berupa kerajinan tiga dimensi dengan ukuran kecil. Biasanya, kerajinan tiga dimensi ini terbuat dari bahan kayu, kertas, atau tanah liat. Seringnya, kerajinan ini dibuat sebagai bentuk tiruan dari suatu bangunan atau kendaraan. Fungsi maket sebagai penggambaran visual terhadap suatu objek. Karena itulah, kerajinan ini menjadi media pelengkap dalam presentasi desain maupun arsitektur.

Setidaknya maket dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah maket rumah yang digunakan untuk menunjukkan rancangan desain bangunan rumah sebelum benar-benar dibangun. Kemudian, ada juga maket interior yang dimanfaatkan untuk menunjukkan rencana penempatan interior suatu ruangan. Dengan adanya, rancangan tiga dimensi tersebut desain interior mudah diterapkan.

Apa Beda Maket dan Miniatur?

Dari penjelasan sebelumnya diketahui bahwa maket adalah bentuk tiruan yang berukuran kecil dan berwujud tiga dimensi yang dimanfaatkan untuk penggambaran visual. Sementara itu, miniatur adalah kerajinan tiga dimensi yang dibuat dengan menjadikan objek lain sebagai inspirasi. Miniatur biasanya dimanfaatkan sebagai aksesori penghias atau souvenir relasi perusahaan. Dengan kata lain, keduanya berbeda dari segi tujuan pembuatan.

Sebagai souvenir, miniatur memang kerap dibuat secara khusus supaya dapat mencerminkan karakteristik perusahaan. Biasanya, perusahaan akan melakukan kustomisasi dengan menonjolkan ciri khas tertentu. Hal ini tidak sekadar bertujuan untuk mendapatkan souvenir yang unik. Akan tetapi, perusahaan juga berharap dapat menyampaikan pesan bermakna secara tersirat melalui miniatur yang dibuat.

maket

  • Miniatur jembatan

Indonesia adalah negara kepulauan. Untuk mempermudah transportasi, di Indonesia dibangun jembatan. Bahkan, beberapa jembatan menjadi ikon dari wilayah tertentu. Sebagai contoh adalah miniatur jembatan Suramadu yang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Karena itulah, hadir pula miniatur jembatan Suramadu yang bisa dijadikan sebagai souvenir perusahaan yang menarik.

Baca juga: Cara Membuat Miniatur Jembatan Ampera dengan Mudah

  • Miniatur kapal

Sebagai negara maritim, Indonesia juga membutuhkan sarana transportasi berbasis laut. Karena itulah, di Indonesia hadir berbagai jenis kapal, baik untuk kebutuhan transportasi atau alat angkut. Misalnya saja, ada kapal pesiar dan kapal tanker. Kedua jenis tersebut dapat akhirnya memunculkan miniatur kapal pesiar dan miniatur kapal tanker sebagai pilihan souvenir yang berkesan.

Baca juga: Souvenir Miniatur Kapal Pinisi Unik

  • Miniatur rumah adat

Selain sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Salah satu budaya yang menonjol adalah bangunan adat. Rumah adat hampir bisa ditemui di setiap wilayah. Hal ini menunjukkan bahwa miniatur rumah adat tidak sekadar menjadi souvenir, tetapi juga media pelestarian budaya. Misalnya, miniatur rumah adat joglo yang menunjukkan khas budaya Yogyakarta.

Lihat produk: Miniatur Rumah Adat Papua

Beberapa contoh miniatur tersebut dapat dibuat secara custom. Perusahaan juga bisa membuat miniatur sesuai dengan karakteristik dan jati diri. Hal ini menjadikan miniatur menjadi souvenir berkesan untuk diberikan kepada relasi. Jadi, segera saja buat miniatur sebagai pilihan souvenir perusahaan Anda!

The post Apa Itu Maket? Apa Bedanya dengan Miniatur? appeared first on SouvenirMiniatur.com.



from Blog Artikel Souvenir Miniatur | Informasi Seputar Souvenir & Miniatur https://ift.tt/HZkn1h0
Apa Itu Maket? Apa Bedanya dengan Miniatur? - souvenirminiatur.com Apa Itu Maket? Apa Bedanya dengan Miniatur? - souvenirminiatur.com Reviewed by arthur20 on October 17, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.