banner image
banner image

Apa Itu Diorama? Ketahui Perbedaannya dengan Miniatur - souvenirminiatur.com

Apa itu diorama adalah pertanyaan klasik yang sering kali muncul di benak. Hal ini karena diorama juga kerap disandingkan dengan kata miniatur. Keduanya memang memiliki kemiripan, tetapi sejatinya juga berbeda. Bahkan, terkadang juga didampingkan dengan kata maket yang sebenarnya juga berbeda. Lantas, sebenarnya apa itu diorama? Kemudian, apa bedanya dengan miniatur?

Apa Itu Diorama?

Diorama adalah kerajinan tiga dimensi yang dimanfaatkan untuk menggambarkan pemandangan atau suatu adegan. Adegan yang ditampilkan dalam diorama dapat berupa peristiwa sejarah seperti yang tersaji di museum-museum perjuangan. Selain itu, diorama dapat pula menggambarkan kejadian bencana alam sebagai bentuk pengingat. Bahkan, diorama bisa dimanfaatkan untuk media belajar.

Sementara itu, miniatur adalah kerajinan tiga dimensi yang dimanfaatkan sebagai aksesori dan souvenir. Hal ini karena miniatur umumnya dirancang secara khusus sehingga memiliki desain yang penuh dengan nilai estetika. Di sisi lain, ada juga miniatur yang dibuat dengan menampilkan ciri khas perusahaan sehingga tampak representatif untuk mendukung peningkatan citra perusahaan di mata relasi.

Miniatur untuk Cendera Mata Perusahaan

Miniatur tidak sekadar menjadi souvenir yang mendukung peningkatan citra perusahaan. Akan tetapi, miniatur pun dapat dimanfaatkan juga untuk memperkuat hubungan bisnis antara perusahaan dan relasi. Hal ini tecermin ketika perusahaan memberikan souvenir miniatur kepada relasi sebagai kenang-kenangan dalam kunjungan bisnis. Kemudian, relasi dapat juga menerimanya sebagai ucapan terima kasih.

apa itu diorama

  • Miniatur Rumah Adat

Dengan inspirasi berbagai bangunan khas suatu daerah, menjadikan miniatur rumah adat tampak begitu inovatif. Terlebih lagi, jenis miniatur ini mengandung nilai-nilai budaya yang menjadikannya sebagai media pengenalan dan pelestarian budaya lokal. Salah satu contohnya adalah miniatur rumah gadang khas Minangkabau, Provinsi Sumatra Barat.

  • Miniatur Alat Berat

Perusahaan pertambangan dan konstruksi memanfaatkan alat berat untuk mendukung operasional kerja. Tidak mengherankan jika miniatur alat berat menjadi bentuk souvenir relasi yang patut dipertimbangkan. Berbagai alat berat pun bisa menjadi inspirasi dalam menghadirkan souvenir miniatur tambang yang penuh dengan kesan gagah dan elegan.

  • Miniatur Jembatan

Selain kaya dengan budaya, Indonesia dapat dikatakan memiliki beberapa jembatan ikonik. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari status Indonesia sebagai negara kepulauan. Jembatan dibangun untuk mempermudah transportasi dari satu wilayah ke wilayah lain yang terpisahkan perairan. Tidak heran jika muncul juga miniatur jembatan dengan kesan yang mewah.

Beragam jenis miniatur untuk kebutuhan perusahaan sebaiknya dibuat secara custom. Dengan begitu, perusahaan dapat menampakkan karakteristiknya dengan lebih baik. Identitas perusahaan pun bisa ditunjukkan dengan lebih leluasa. Untuk itu, segera saja rancang kebutuhan miniatur untuk perusahaan Anda sekarang. Kemudian, sampaikanlah kepada customer service kami untuk direalisasikan.

The post Apa Itu Diorama? Ketahui Perbedaannya dengan Miniatur appeared first on SouvenirMiniatur.com.



from Blog Artikel Souvenir Miniatur | Informasi Seputar Souvenir & Miniatur https://ift.tt/pcAZlCI
Apa Itu Diorama? Ketahui Perbedaannya dengan Miniatur - souvenirminiatur.com Apa Itu Diorama? Ketahui Perbedaannya dengan Miniatur - souvenirminiatur.com Reviewed by arthur20 on November 13, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.